Wednesday, November 28, 2007

Pelajar-Mahasiswa Belajar Jurnalistik

PANGKALAN BUN (Borneonews): Sekitar 40 pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam Kantong Sastra, Pangkalan Bun dan Komunitas Awan Senja, Kumai mengunjungi ke Kantor Borneonews di Jalan Pangeran Antasari No 40, Pangkalan Bun, kemarin.







Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih dalam mengenai proses pembuatan surat kabar Borneonews.

Rombongan diterima langsung Redaktur Pelaksana Borneonews Eko Rahmawanto, Pelaksana Harian (Plh) Pemimpin Perusahaan Aji Sukaryo dan Kepala Produksi Junaidi Effendi beserta staf di ruang rapat redaksi.

Eko menyambut gembira kedatangan rombongan dan berharap kunjungan ini dapat menumbuhkan minat para pelajar di bidang jurnalistik.

Ia menuturkan sejarah berdirinya surat kabar Borneonews di Kotawaringin Barat.
Harian Umum Borneonews diresmikan pada 22 Desember 2006 atas kerjasama dua group besar, yakni Media Group pimpinan Surya Paloh dan Tanjung Lingga Group (TLG) milik Abdul Rasyid.

Dalam perkembangannya, surat kabar Borneonews telah merambah ke berbagai kabupaten/kota di provinsi Kalimantan Tengah.

Saat sesi tanya jawab, Ketua Komunitas Awan Senja Azhari menanyakan apakah untuk menjadi wartawan memiliki latar belakang ilmu komunikasi/jurnalistik.

Menjawab pertanyaan itu, Eko menjelaskan seseorang yang ingin menjadi wartawan tidak harus lulusan sarjana komunikasi atau yang terkait dengan bidang jurnalistik.

Untuk menjadi seorang wartawan, dapat berasal dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda.

Bahkan, trend perusahaan pers modern saat ini lebih mengutamakan wartawan yang berasal dari lulusan non komunikasi/jurnalistik.

Usai tanya jawab, acara dilanjutkan dengan meninjau proses pembuatan surat kabar dari awal hingga akhir.

Diawali dengan meninjau proses pembuatan berita, editing, dan lay-out di ruang redaksi. Dilanjutkan, melihat proses monting (pembuatan plat berita) sebelum masuk ke ruang cetak. Terakhir, rombongan meninjau mesin cetak.

Berita dan Foto: Andri Saputra (Borneonews, Rabu, 28 November 2007)

No comments: