Tuesday, December 2, 2008

Borneonews kembali Raih Penghargaan

HARIAN Umum Borneonews (melalui reportase Andri Saputra, anggota Kantong Sastra, red) menjadi media massa daerah terbaik di Indonesia dalam journalist writing contest (JWC) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil Departemen Kelautan dan Perikanan.

Juara nasional pertama direbut majalah Gatra (Jakarta), Seputar Indonesia (Jakarta) posisi kedua, dan Media Indonesia (Jakarta) di posisi ketiga. Sedangkan Borneonews (Kalteng) jadi harapan I, diikuti Tabloid Maritim harapan II (Jakarta), dan Koran Kurson (Kupang) harapan III.

Bagi Borneonews ini adalah kali keempat mendapatkan penghargaan sepanjang 2008. Sebelumnya, artistik, editorial, dan hasil percetakan Borneonews dinilai terbaik di Kalimantan.

Baru-baru ini Borneonews juga menjadi yang terbaik se-Kalimantan dalam penggunaan bahasa Indonesia tingkat nasional atau koran daerah terbaik kedua di Indonesia setelah Tribun Timur (Makassar).

Tidak hanya itu, Zulkarnain Zubairi (dengan nama pena Udo Z Karzi) juga mendapatkan Hadiah Sastra Rancage 2008 untuk buku puisinya, Mak Dawah Mak Dibingi/Tak Siang Tak Malam (BE Press, 2007).

Beberapa penghargaan itu menjadi kado manis bagi Borneonews yang akan merayakan HUT kedua 23 Desember nanti.

Pada journalist writing contest (JWC) itu, wartawan Borneonews Andri Saputra mengambil tema Peran Program Small-Scala Natural Resources Management Scheme (SNRMS) Marine and Coastal Resources Manangement Program (MCRMP) dalam menjaga keberlanjutan sumber daya pesisir dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam lomba kali ini, Andri Saputra menampilkan karya tulis dengan judul Fajar Baru dari Pesisir yang mengupas penerapan program SNRMS MCMRP pada sepanjang desa yang ada di kawasan pesisir pantai Kobar mulai dari Desa Kubu, Sungai Bakau, Teluk Bogam, Keraya, hingga Desa Sabuai.

"Bagi saya, prestasi ini merupakan kemenangan tim. Terima kasih atas dukungan rekan-rekan kerja yang sudah membantu. Tak lupa, terima kasih juga untuk Pak Hepy dari DKP Kobar yang banyak membantu dalam observasi data lapangan" kata Andri. (Dri/B-1)


Juara Journalist Writing Contest

1. Gatra (Jakarta)
2. Seputar Indonesia (Jakarta)
3. Media Indonesia (Jakarta)
4. Borneonews (Kalteng)
5. Tabloid Maritim (Jakarta)
6. Koran Kursom (Kupang)

Sumber: Departeman Kelautan Perikanan

Dari: Borneonews, Selasa, 2 Desember 2008

No comments: