Wednesday, April 2, 2008

Ubud Writers & Readers Festival

Buletin
Maret, 2008

Pendaftaran Diri dan Nominasi Peserta Ubud Writers & Readers Festival

Pecinta sastra Indonesia

Yayasan Saraswati, tuan rumah acara tahunan Festival Sastra Internasional
Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) mengundang nominasi dan pendaftaran diri penulis Indonesia untuk pemilihan peserta. Festival yang hadir untuk kelimakalinya ini akan diselenggarakan pada tanggal 14 sampai 19 Oktober 2008 di Ubud - Bali.

Tahun ini akan dipilih 15 penulis dari seluruh pelosok Indonesia untuk mengikuti acara tersebut dan merespon tema Tri Hita Karana, suatu filsafat hidup yang merangkum upaya mencapai keharmonisan antara Tuhan, Manusia dan Alam.

Para penulis yang mendaftar akan dipilih oleh Dewan Kurator dengan kriteria penilaian yang meliputi: kesesuaian karya dengan tema, kemampuan berbicara merespon tema festival, kemampuan diri, prestasi dan pengalaman penulis.

Seleksi ini bukanlah ajang kompetisi maupun penghargaan sastra sebab tujuan utama proses seleksi ini adalah menyusun program festival bertaraf internasional yang membuka wawasan dunia akan keanekaragaman khazanah sastra Indonesia.

Peserta yang terpilih akan diundang mengikuti festival ini dan berkesempatan bertemu dan bertukar pikiran dengan para penulis mancanegara dalam rangkaian kegiatan festival yang berlangsung selama 6 hari. Kegiatan festival meliputi: disksusi panel, pembacaan karya, bincang-bincang penulis, dan lokakarya.

Bila Anda adalah penulis Indonesia, atau mengenal penulis yang Anda anggap layak, layangkan pendaftaran sesuai syarat dan ketentuan di bawah ini:
· Penulis warga negara Indonesia
· Menulis karya sastra, baik berupa puisi, prosa, maupun karya non- fiksi yang sudah diterbitkan dalam bentuk buku oleh sebuah penerbit dan dijual di pasaran umum.

Kirimkan:
· Biodata dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
· Buku karya.
· Pernyataan singkat (200 s/d 800 kata) berisi tanggapan tentang tema festival.
· Tuliskan juga topik yang menarik untuk ditanggapi penulis berkaitan dengan tema festival.

Kirim ke sekretariat panitia UWRF paling lambat tanggal 21 April 2008 (cap pos)
di :
Ubud Writers & Readers Festival - Yayasan Saraswati
PO Box 181, Ubud Bali 80571.

Bagi penulis dari luar Bali yang terpilih, Panitia akan menangung biaya transportasi (penerbangan) dan akomodasi selama berlangsungnya acara.


Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi
Kadek Purnami:
Telp : 0361-7808932, Fax : 0361-973282
Email : Info@ubudwritersfestival.com / kadek.purnami@ubudwritersfestival.com
www.ubudwritersfestival.com

Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat. Semua berkas pengajuan beserta buku yang telah dikirimkan, akan menjadi hak panitia.

Salam Sastra,
ttd
Panitia


Informasi Tambahan:

Ubud Writers & Readers Festival

UWRF merupakan salah satu aktivitas dari program Yayasan Saraswati. Festival ini sudah berlangsung selama empat kali. Beberapa penulis Indonesia yang sudah pernah mewakili Indonesia diantaranya:

Tahun 2004
Goenawan Moehamad, Dewi Anggraeni, Toeti Heraty, Dorothea Rosa Herliany, Murti Bunanta, Putu Oka Sukanta, Richard Oh, Mas Ruscitadewi, Bodrex Arsana, Putu Suasta, Sitok Srengenge, Warih Wisatsana, A.A Made Djelantik, Wayan Arthawa dan Tan Lioe Ie.

Tahun 2005
Ayu Utami, Djenar Maesa Ayu, Dewi Lestari, Oka Rusmini, Moemar Emka, Eka Kurniawan, Joko Pinurbo, Azhari, Laire Siwi Mentari, Rachmania Arunita, Rosni Idham, Muhammad Salim, Marianne Katoppo, Maliana, Pranita dewi, dan Kadek Sonia Piscayanti,Sitok Srengenge.

Tahun 2006
Sapardi Djoko Damono, Putu Wijaya, Laksmi Pamuntjak, Linda Christanty, Acep Zamzam Noor, Raudal Tanjung Banua, Ari Pahala Hutabarat, Reza Idria, Fozan Santa, Goenawan Muhamad, John F.Waromi, Vira Safitri, Sitok Srengenge, Putu Setia, Nirwan Dewanto, Iswadi Pratama, dan Ida Ayu Oka Suwati Sideman.

Tahun 2007
Ahmad Tohari, Anand Krishna, Cok Sawitri, Debra H Yatim, Dorothea Rosa Herliany, Ida Wayan Oka Granoka, Hamid Basyaib, Isbedy Stiawan ZS, Isman Hidayat Suryaman, Julia Suryakusuma, I Ketut Sumatra, Marhalim Zaini, I Gusti Ngurah Harta, Ratih Kumala, Ratna Indraswari Ibrahim, Wiratmadinata.

Berita berkala UWRF dipersembahkan oleh Bali Spirit.
Kami berterima kasih kepada para pelanggan kami atas dukungan yang berkelanjutan bagi Festival Penulis & Pembaca Ubud. Kami menanti-nantikan saatnya bertemu dengan Anda pada Festival berikutnya di tahun 2008!

Tim Ubud Writers & Readers Festival

PO Box 181, Ubud, Bali, Indonesia 80571
d/a Indus Restaurant Jalan Raya Sanggingan. Ubud, Bali, Indonesia. 80571
P: 62 361 780 89 32 / 803 83 91
F: 62 361 973 282
E: info@ubudwritersfestival.com
http://www.ubudwritersfestival.com
Festival 2008: 14 - 19 Oct

No comments: